Recent Posts

NACHOS SAUS MAYO BOLOGNESE



Bismillahirrohmanirrohim

Assalamu'alaykum warahmatullahi wabarakatuh
Masih dalam edisi nachos yaa. Bikinnya barengan dengan nachos yang diposting sebelum ini, jadi fotonya juga nuansanya hampir sama ya hihihi. Udah males mikir mau distyling gimana lagi, jadi ya dimirip-miripin aja, cuma geser dikit sana sini biar keliatan beda dikit. Nachos lagi jadi favorit kami sekeluarga nih, jadi ya bikin lagi dan bikin lagi. Kalau saya sih sebenarnya memang penggemar berat tortilla chips alias kripik tortilla. Kalau lagi nyetir keluar kota, biasanya saya dan suami kompak, ngemilnya tortilla chips. 

Nachos yang ini beda dikit dengan yang saya buat sebelumnya. Kali ini saya memakai saus mayo dan bolognese. Masih punya sedikit keju mozarella, jadi saya tambahkan saja sekalian. Setelah ditata dalam pinggan dan diberi duo saus serta moza, nachos ini saya panggang sebentar, sekitar 15 menit. Hasilnya nachos jadi lebih tahan lama kriuknya. Lebih enak deh pokoknya.






Tidak ada resep khususnya ya, karena memang gampang banget. Kebetulan saya masih punya 1/2 botol kecil saus bolognese homemade. Resepnya udah sering saya posting yaa. Kalau gak punya, bisa pakai juga saus bolognese siap pakai yang banyak dijual di supermarket. Saus mayo saya buat dari mayonaise yang diberi sedikit air lemon dan irisan parsley kemudian diaduk hingga rata. Takarannya? Lagi-lagi pakai kira-kira aja ya, sesuaikan dengan selera aja. Kalau yang suka asam, boleh pakai air lemon yang agak banyakan. Gak punya parsley? Bisa pakai oregano.

Setelah ditata di pinggan lengkap dengan saus dan keju moza, saya taburi lagi dengan parsley dan oregano. Setelah selesai dipanggang, beri irisan tomat cherry, hmmmm enak deh. Monggo bisa dicobain dan buktikan yaaa hihihi. Lumayan lho untuk cemilan keluarga di weekend ini, bisa ngajak anak-anak juga untuk membuatnya. Pasti seru!!

Selamat mencoba...semoga bermanfaat ya^^

NACHOS SAUS SALSA DAN KEJU



Bismillahirrohmanirrohim

Assalamu'alaykum warahmatullahi wabarakatuh
Nachos adalah salah 1 makanan yang berasal dari Mexico, tepatnya berasal dari kota Piedras Negras, Coahuila. Nachos terbuat dari kripik tortilla yang bisa disajikan langsung sebagai snack ataupun sebagai main dish alias hidangan utama. Nachos sebagai hidangan utama, bisa disajikan dengan berbagai tambahan saus, misalnya saus keju, saus salsa, saus daging kacang merah, sour cream dan lain sebagainya. 

Kalau di tempat tinggal saya mah mana ada yang jual nachos, jadi harus bikin sendiri. Kan disini gak ada resto Mexico, yang banyak warung nasi pecel heuheuheu. Kali ini saya membuat nachos dengan saus salsa dan keju, terinspirasi dari Mbak Endang Just Try & Taste. Bahan-bahannya lagi-lagi disesuaikan dengan yang ada di rumah donk, maklum males juga kalau kudu keluar lagi nyari-nyari yang kurang. Saus kejunya saya buat tidak pedas karena tidak memakai cabe bubuk. Sebagai gantinya, saus salsa-nya saya pakai cabe rawit yang lumayan banyak hihihi. Untuk kripik tortilla-nya pakai yang siap pakai, bisa diperoleh dengan mudah di supermarket. Kebetulan saya memang suka ngemil kripik tortilla tersebut dan sering nyetok di rumah untuk camilan. Yuuk...yuuuk...yang mau coba bikin nachos ala-ala di rumah. In shaa Allah enak deh dan disukai keluarga.




NACHOS SAUS SALSA DAN KEJU

Bahan Saus Keju :
2 sdm butter / margarin
2 sdm tepung terigu
1/2 sdt bawang putih bubuk
400 ml susu cair
100 gr keju cheddar / parmesan
1/2 sdt merica bubuk 
Parsley secukupnya, cincang halus

Cara Membuat Saus Keju :
1. Panaskan butter / margarin hingga leleh, masukkan tepung terigu. Aduk hingga rata.
2. Tuang sebagian susu cair sedikit demi sedikit sambil terus diaduk hingga halus.
3. Masukkan bawang putih bubuk dan merica. Aduk hingga rata kemudian tuang sisa susu dan keju parut. Masak hingga halus dan meletup-letup.
4. Matikan api, masukkan parsley. Aduk hingga rata dan siap digunakan.

Bahan Saus Salsa :
7 tomat cherry bisa juga pakai tomat biasa
2 cabe hijau, buang bijinya dan iris halus
3 cabe rawit, iris halus
1/2 lemon, ambil airnya

Cara Membuat Saus Salsa :
1. Potong dadu kecil tomat, campurkan dengan irisan cabe. Aduk hingga rata.
2. Beri air lemon, aduk rata dan siap digunakan.

Penyelesaian :
1. Siapkan mangkok saji, tuang kripik tortilla.
2.Tuang saus salsa dan saus keju. Sajikan segera.




Enak banget lho, saya suka sekali saus salsa-nya, rasanya asam pedas, segeer deh. Pas banget dipadukan dengan saus keju. Nachos saus salsa dan keju ini harus segera dinikmati setelah dibuat ya, kalau nungu kelamaan ntar kripik tortilla-nya melempem deh kena sausnya. 

Selamat mencoba...semoga bermanfaat ^^

NASI LIWET SUNDA



Bismillahirrohmanirrohim

Assalamu'alaykum warahmatullahi wabarakatuh
Postingan ke-3 saya tentang nasi liwet Sunda. Sering juga ya, maklum saya memang hobby banget dengan nasi liwet Sunda. Sebenarnya saya juga suka banget nasi liwet ala Solo, bahkan dari kecil saya sudah terbiasa banget dengan menu tersebut. Tapi memang kalau bikin nasi liwet ala Solo, gak afdol kalau gak komplit ya. Mulai dari ayam opornya, sambel goreng krecek dan juga sayur labu. Duuh nulis gini aja langsung kemecer pengen nasi liwet Solo. Ntar lah kalau pas lagi senggang, bener-bener diniatin bikin yang komplit sekalian.

Kembali ke nasi liwet Sunda, di postingan sebelumnya saya udah sharing cara memasak yang memakai panci kastrol ataupun versi praktisnya memakai  magic com. Kali ini saya cuma mau merangkum aja sih karena sering juga yang nanyain lagi dan lagi hehehe. Padahal kalau di search di blog pasti ada deh kedua versi tersebut.

Untuk membuat nasi liwet Sunda baik yang versi panci kastrol atau versi magic com, sebenarnya tidak ada takaran pasti karena tergantung dengan kondisi beras yang kita pakai. Kalau saya biasanya memakai patokan takaran air diukur 2 jari dari dasar beras. Tapi gak pasti juga sih ya, kembali lagi ke kondisi beras. Bumbu yang digunakan juga cukup simpel, yaitu duo bawang, daun salam dan serai. Pelengkapnya menurut saya paling enak ya pakai ikan asin hihihi. Ikan asin ini bisa langsung dicampurkan ketika nasi sudah matang atau disajikan terpisah. Ikan asin yang sering saya gunakan adalah ikan asin jambal roti atau teri medan. Naaah yang ada di foto ini saya gak tau namanya, tapi enak deh karena tidak terlalu asin dan kalau digoreng bisa renyah banget. Kalau ikan asin akan dicampurkan ke nasi, takaran garam juga disesuaikan aja ya dengan tingkat keasinan ikannya. Satu lagi yang bikin nasi liwet jadi tambah enak menurut saya adalah diberi daun kemangi. Jadi daun kemanginya tidak hanya sebagai lalapan. Tapi balik lagi ke masing-masing selera ya.

Lauk pelengkap lainnya yang cocok adalah tahu tempe goreng, lalapan dan sambal donk pastinya. Sambal bisa pakai sambal terasi atau sambal bajak. Kalau mau pakai sambal bawang juga enak aja atau bahkan sambal dadak dengan kucuran jeruk limau. Beeegh...jangan heran kalau makannya bisa nambah-nambah yaa.




NASI LIWET SUNDA

Versi Panci Kastrol

  1. Beras dicuci bersih kemudian letakkan di dalam panci. Tuang air kira-kira setinggi 2 ruas jari dari permukaan beras atau disesuaikan dngan kondisi beras.
  2. Iris tipis bawang merah dan bawang putih kemudian tumis hingga harum. Tiriskan dari minyak kemudian masukkan ke dalam panci. Tambahkan garam, daun salam dan serai, aduk hingga rata.
  3. Tutup panci dan masak hingga air menyusut atau hampir kering.
  4. Goreng ikan asin hingga kering, kemudian masukkan ke dalam panci. Apabila suka bisa juga dimasukkan cabe rawit utuh atau irisan cabe merah besar.
  5. Kecilkan api, tutup panci dan masak lagi hingga benar-benar matang dan tanak.
  6. Setelah matang, bisa ditambahkan daun kemangi bila suka, aduk lagi sebelum disajikan.
Versi Magic Com
  1. Cuci bersih beras kemudian letakkan di panci magic com.
  2. Tumis irisan bawang merah dan bawang putih hingga harum, tiriskan dari minyak kemudian tuang ke panci magic com. Tambahkan daun salam, serai dan garam, aduk hingga rata kemudian tuang air.
  3. Nyalakan tombol ON dan masak hingga matang.
  4. Goreng ikan asin hingga kering
  5. Setelah nasi matang, tuang ikan asin, cabe rawit atau cabe besar serta daun kemangi bila suka. Aduk hingga rata kemudian nyalakan tombol ON lagi agar nasi benar-benar tanak.
  6. Setelah matang, siap disajikan
Kalau memakai panci kastrol nanti di dasar panci ada sisa-sisa kerak nasi yang biasa disebut "intip". Kerak nasi ini enak banget lho, saya sukaaa hihihi.




Selamat mencoba yaa...semoga bermanfaat ^^

GABIN VLA TAPE



Bismillahirrohmanirrohim

Assalamu'alaykum warahmatullahi wabarakatuh
Bikin camilan apa hari ini? Gimana kalau nyobain gabin vla tape ini, lumayan lho untuk variasi camilan keluarga di rumah. Kalau biasanya gabin memakai ragout sebagai isiannya, naaah yang ini memakai vla tape. Selain vla tape, bisa juga memakai vla vanilla biasa atau bahkan vla coklat. Vla tape ini juga bisa digunakan untuk isian sus lho, enaaak deh.

Gabin vla tape ini terinspirasi dari kak Hanny di IG. Sebagai emak-emak yang suka latah, wajib donk buat saya untuk nyobain hihihi. Gabin yang sudah diisi vla tape, digoreng sebentar saja. Karena tidak memakai lapisan kocokan telur, memang jadinya berminyak sekali. Next time saya pengen nyoba yang dicelupin telur dulu deh. Eeeh tapi cocok gak ya, secara vla kan manis hihihi. Ntar deh kudu nyobain biar tau cocok atau nggaknya. Monggo yang mau nyobain resepnya.

GABIN VLA TAPE

Bahan :
1 bungkus gabin
200 gr tape singkong, buang sumbunya
1 sachet susu kental manis
50 gr gula pasir atau menyesuaikan manisnya tape ya
75 gr tepung terigu
150 ml air
Minyak goreng secukupnya

Cara Membuat :
1. Haluskan tape memakai garpu kemudian tambahkan susu kental manis, gula pasir dan terigu. Aduk hingga rata.
2. Tuang air, masak dengan api kecil sambil diaduk hingga mengental dan meletup-letup. Matikan api.
3. Setelah vla agak dingin, masukkan ke dalam piping bag atau plastik segitiga. Semprotkan ke gabin kemudian tumpuk dengan gabin lainnya. Rapikan sisi-sisinya.
4. Panaskan minyak, goreng gabin sebentar saja, sekali balik aja ya. Angkat dan tiriskan.



Kelihatannya memang gampang dan simpel ya, eeeh tapi saya mah kesulitan waktu ngolesin vla-nya. Berantakan deh jadinya hihihi. In sha Allah next time dicoba lagi.

Selamat mencoba...semoga bermanfaat ya ^^

CARANG GESING



Bismillahirrohmanirrohim

Assalamu'alaykum warahmatullahi wabaraktuh
Postingan tentang carang gesing lagi ya. Duluu saya udah pernah posting dan yang dulu pun juga carang gesing versi ramekin hihihi. Carang gesing adalah salah satu jajanan tradisional yang berasal dari Jawa Tengah. Carang gesing berbahan utama pisang dan santan, dibungkus dengan daun pisang kemudian dikukus hingga matang. Untuk ibu-ibu yang malas ribet seperti saya, tentunya bisa banget membuat carang gesing tanpa daun pisang, melainkan di pinggan tahan panas atau ramekin seperti ini. Memang akan ada perbedaannya yaitu tidak ada aroma daun pisangnya, tapi its okee ya. Kalau saya sih memang milih praktisnya aja, lagian saya mah gak ahli dalam hal bungkus membungkus hahaha.

Kebetulan saya masih punya 2 lembar roti tawar, jadi saya tambahkan ke dalam carang gesing ini. Lebih enak, jadi lebih lembut. Untuk variasi saya tambahkan pula kismis, bisa juga kalau mau diberi taburan kayu manis bubuk. Carang gesing ini enak disajikan hangat ataupun dingin. Kalau saya lebih suka yang versi hangat, ceritanya dijadikan hot dessert yaa. Hihihi....gaya banget bahasanya >_< Tapi saya mah gak nolak juga kalau disodorin carang gesing dingin, gak kalah enaknya.





CARANG GESING

Bahan :
4 buah pisang, kurleb berat 300 gr (saya pakai pisang kepok)
400 ml santan
50 gr gula pasir
30 gr gula palem
1 butir telur kocok lepas
2 daun pandan, iris-iris
2 roti tawar (optional)
Kismis (optional)

Cara Membuat :
1. Rebus santan dan gula hingga mendidih. Matikan api dan dinginkan.
2. Masukkan kocokan telur dan dan pandan ke dalam santan. Aduk hingga rata.
3. Potong-potong pisang dan roti tawar, letakkan di pinggan tahan panas dan daun pisang. Siram dengan kuah santan, taburi dengan kismis.
4. Kukus hingga matang, kurang lebih selama 30 menit. Siap disajikan hangat atau dingin.

Bisa menggunakan full gula pasir ya, kalau saya suka mix dengan gula palem karena aromanya jadi lebih sedaaap. Monggo disesuaikan dengan selera aja.

Selamat mencoba...semoga bermanfaat ^^

CILOK KUAH



Bismillahirrohimanirrohim

Assalamu'alaykum warahmatullahi wabarakatuh
Kalau lagi musim hujan gini, pastinya enak banget ya makan yang hangat-hangat. Mulai dari gorengan hangat sampai bakso hangat hihihi. Trus minumnya boleh pilih, lemon tea, coklat panas atau bajigur...duuuh enak kan. Itu sering saya alami, kalau udah sore-sore hujan, masing-masing request minuman favorit mereka masing-masing. Saya tentunya bagian yang umek di dapur dan ngicip minuman masing-masing hahaha.

Naaah ini ceritanya pengen makan bakso waktu sore-sore hujan. Apa daya gak punya stok bakso, adanya cilok hasil bikin bareng anak-anak siang harinya. Cilok gak hanya enak dinikmati dengan saus kacang atau saus sambel favorit kan, tapi enak juga dibuatin kuah kaya gini. Yaa...gak ada bakso, cilok pun jadi lah. Sisa ciloknya juga saya simpan di kulkas dan keesokan harinya dibuat jadi seblak cilok yang sudah pernah saya posting beberapa waktu yang lalu. Serbaguna juga ya si cilok ini.

Cilok kuah saya ini super minimalis karena ya isianya cuma cilok aja heuheuheu. Ini mah minimalis karena memang gak punya pelengkap lainnya, bahkan sawi pun saya lagi gak punya. Minimalis karena melas ini mah >_< . Padahal kalau punya sawi, mie atau pangsit bakalan jadi cilok kuah super istimewa kan. Eh tapi ini ciloknya isi keju lho, jadi lumayan laaah masih ada yang bisa dipamerin hahaha.




Cilok ini sebagian ada yang saya goreng juga, ya biar mirip dengan bakso goreng gitu maksudnya. Gorengnya sebentar aja karena kalau kelamaan ntar tambah alot, jadi cukup sampai berkulit aja.

CILOK KUAH

Bahan Cilok :
225 gr tepung terigu
175 gr tepung sagu
2 batang daun bawang iris tipis
400 ml air kaldu
3 siung bawang putih goreng utuh lalu haluskan
1,5 sdt garam
1/2 sdt merica bubuk
Keju cheddar, potong dadu kecil untuk isian (optional)

Cara Membuat Cilok :
1. Dalam wadah, campur tepung terigu, tepung sagu dan irisan daun bawang. Aduk hingga rata.
2. Didihkan air kaldu, garam dan merica. Matikan api.
3. Tuang sedikit demi sedikit air kaldu ke dalam campuran tepung sambil diaduk rata memakai sendok kayu. Sesuaikan kondisi adonan ya, hentikan penambahan air bila sudah bisa dipulung atau tambahkan bila adonan dirasa masih kering.
4. Bulatkan adonan, pipihkan dan beri isian keju. Bulatkan kembali, lakukan hingga habis.
5. Didihkan air, rebus cilok hingga matang. Angkat dan tiriskan.

Bahan Kuah :
5 siung bawang putih, memarkan dan tumis hingga harum
1 liter air kaldu
Garam dan merica bubuk secukupnya
1/2 butir pala
Daun bawang, potong-potong
Seledri

Cara Membuat Kuah :
1. Masukkan tumisan bawang putih ke dalam rebusan air kaldu. Bumbui dengan garam, merica bubuk dan pala.
2. Menjelang mendidih, masukkan daun bawang dan seledri.
3. Siap disajikan.




Biarpun gak ada bakso dan cuma ada cilok, tapi Masya Allah....gak kalah nikmatnya. Apalagi kalau dinikmati rame-rame bersama keluarga. Alhamdulillah

Selamat mencoba...semoga bermanfaat ^^

GLUTEN FREE DORAYAKI



Bismillahirrohmanirrohim

Assalamu'alaykum warahmatullahi wabarakatuh
Alhamdulillah sudah masuk Februari. Semoga semakin bertambah keberkahan di bulan ini ya...Aamiin.
Postingan kali ini tentang dorayaki (lagi). Yuup pancake Jepang kesukaan Doraemon ini juga jadi favorit si adek. Kalau adek sih memang banyak favoritnya ya dan dia suka dorayaki juga karena faktor Doraemon hihihi. 

Dorayaki yang saya buat ini masih memakai base resep yang sama dengan yang dulu pernah saya posting, yaitu resep milik Namiko. Bedanya kali ini saya ganti tepung terigunya dengan gluten free flour, yaitu tepung mocaf. Ada perbedaannya? Iya jelas ada bedanya dengan dibandingkan yang memakai tepung terigu. Dorayaki yang memakai mocaf ini teksturnya lebih "berat" tapi bukan berarti jadi keras ya. Saya modif sedikit dari resep asli dengan menambahkan takaran minyak, jadi tetap moist dorayaki-nya. Anak saya bisa merasakan sih perbedaannya, tapi namanya udah favorit ya dia tetap suka aja.

Seperti biasanya, kalau bikin pancake atau dorayaki, bisa memakai isian sesuai selera ya. Saya pakai selai coklat dan ada juga yang pakai keju parut, sesuai favorit anak-anak deh. Monggo kalau ada yang pengen nyobain dorayaki ini.

GLUTEN FREE DORAYAKI

Bahan :
4 butir telur
130 gr gula pasir
2 sdm madu
3 sdm minyak
160 gr tepung mocaf
1 sdt baking powder
1 sdm air

Cara Membuat :
1. Campur telur dan gula pasir, aduk memakai hand whisk hingga rata.
2. Masukkan madu dan minyak, aduk hingga tercampur rata.
3. Masukkan campuran tepung mocaf dan baking powder dengan cara diayak. Aduk hingga rata dan licin.
4. Tutup dengan plastic wrap dan simpan di kulkas selama 15 menit.
5. Keluarkan dari kulkas dan beri air. Aduk hingga rata.
6. Panaskan wajan anti lengket, tuang 1 sendok sayur adonan dan masak hingga berlubang-lubang kecil. Balikkan dan masak kembali hingga matang. Lakukan hingga habis.
7. Sajikan dengan pelengkap favorit.



Happy Baking...semoga bermanfaat ya ^^

ASINAN RAMBUTAN YANG LAGI NGE-HITS



Bismillahirrohmanirrohim

Assalamu'alaykum warahmatullahi wabarakatuh
Akhirnya kesampaian juga nyobain bikin yang lagi nge-hiiitzz ini. Yuup asinan rambutan. Akhir-akhir ini timeline IG memang banyak sekali dipenuhi dengan asinan rambutan dan saya pastinya juga pengen bikin donk. Maklum kalau ada yang ngetrend gini saya mah pasti latah pengen bikin juga hihihi. Sayangnya walau udah lama pengen tapi baru kesampaian sekarang karena pohon rambutan di rumah Mama telat berbuahnya hahaha. Iya nih saya mah gak modal banget ya, gak mau beli rambutan. Mending sabar dulu nungguin pohon berbuah. Kayanya udah banyak yang tau dan bikin deh ya, saya aja yang telat.

Ngomong-ngomong soal pohon rambutan di rumah Mama, biasanya memang panennya dasyat banget. Banyak yang sampai kebuang jatuh-jatuh ke bawah saking banyaknya. Kami tentunya gak sanggup kalau ngabisin sendiri dan pasti dibagi-bagi tuh rambutan. Sayangnya sejak taun lalu, pohon rambutan mulai berkurang tuh buahnya. Kalau tahun ini malah telat banget. Yang lainnya udah pada panen, eeh pohon ini masih anteng berbunga dan gak jadi buahnya hihihi. Mungkin pohonnya lelah ya. Alhamdulillah sekarang ini udah mulai jadi buahnya, walau belum banyak dan itu berarti saya bisa bikin asinan rambutan idaman.

Kenapa saya pengen banget bikin asinan rambutan? Selain karena lagi ngehiitz dan kekinian, disebabkan juga karena saya sebenarnya kurang suka rambutan. Saya lebih suka semangka, buah naga, apel dan jeruk. Kalau udah panen rambutan, saya biasanya ngicip dikit aja dan selanjutnya kebagian ngupasin doank buat adek hahahah. Naaah karena saya suka asinan jadinya pengen donk mengolah rambutan jadi asinan, siapa tau saya jadi suka. Dan ternyata...beneran saya suka. Enak deh. Bayangin aja perpaduan rasanya, manis, asem dan pedas!! Asli bikin kemecer sejak pertama bikinnya.




Asinan rambutan ini sebenarnya gak ada takaran resepnya ya. Dikira-kira aja dan disesuikan dengan selera. Saya juga tadi gak ngitungin berapa rambutan yang saya pakai, sampai sepenuhnya wadah aja. Jeruk yang dipakai adalah jeruk limau, kalau gak ada bisa pakai jeruk nipis atau bahkan lemon ya.

ASINAN RAMBUTAN

Bahan :
Rambutan, kupas dan pisahkan dari bijinya
Air jeruk limau (bisa pakai jeruk nipis atau lemon)
Gula pasir
Sejumput garam
Cabe rawit

Cara Membuat :
1. Dalam wadah, letakkan rambutan yang sudah dikupas dan dipisahkan dari bijinya.
2. Tambahkan air jeruk limau, gula pasir, garam dan cabe rawit. Aduk hingga rata.
3. Simpan di dalam kulkas selama beberapa jam hingga meresap 
4. Siap dinikmati dingin.

Asinan ini gak perlu ditambahkan air lagi ya, cukup dari air jeruk limau saja. Nanti setelah didinginkan, akan mengeluarkan air lagi. Dinikmati saat cuaca panas....cocok banget.



Yuuuk bikin...semoga bermanfaat ya ^^

KUE LUMPUR TAPE



Bismillahirrohmanirrohim

Assalamu'alaykum warahmatullahi wabarakatuh
Bikin kue lumpur tape ini beberapa hari yang lalu. Ceritanya mau ada acara kumpul-kumpul untuk membahas acara anak-anak. Naaah saya pastinya pengen donk bikin cemilan donk. Entah kenapa yang kebayang pertama kali ya kue lumpur, mungkin karena udah lama gak bikin ya. Tapi kalau harus pakai kentang males banget ya, maklum baru start di dapur jam 8 sedangkan jam 10 teman-teman udah berencana datang ke rumah. Malesnya karena harus ngukus kentang dulu dan kemudian dilanjut menghaluskan hihihi. Akhirnya pindah haluan pakai tape aja deh. Kebetulan punya tape yang enak, manis dan lembut.

Sebenarnya kalau membuat kue lumpur, base resep saya tetap menggunakan resep NCC. Tinggal nanti disesuaikan aja dengan bahan yang dipakai. Misalnya kalau memakai labu yang lebih berair, maka santan akan saya kurangi. Udah cocok banget dengan resep ini dan jadi andalan banget sejak jaman masih ualan dulu.

Balik lagi ke kue lumpur tape, hasil jadinya enak lho. Tetap lembut dengan aroma tape yang menggoda....jiaaah bahasanya bund >_<  Aroma tape ini yang mengingatkan saya dengan apem, tapi kalau apem kan memakai tepung beras sedangkan kue lumpur tape ini tetap memakai tepung terigu. Cobain deh, beneran enaak.






KUE LUMPUR TAPE

Bahan :
500 gr tape singkong, buang seratnya
250 gr gula pasir
3 kuning telur
2 putih telur
450 ml santan matang
1/2 sdt vanilla (saya pakai vanilla paste)
1/4 sdt garam
250 gr tepung terigu serbaguna
100 gr margarin, lelehkan
Kismis secukupnya

Cara Membuat :
1. Haluskan tape memakai garpu. Sisihkan.
2. Kocok telur dan gula hingga pucat kemudian masukkan vanilla dan garam.
3. Tuang santan sedikit demi sedikit sambil terus dikocok memakai mixer speed rendah.
4. Masukkan tepung terigu bergantian dengan tape sambil dikocok hingga tercampur rata.
5. Tuang margarin leleh, aduk rata memakai spatula.
6. Panaskan cetakan kue lumpur, tuang adonan kemudian tutup. Setelah 1/2 matang, beri topping kismis dan masak kembali hingga matang.
7. Angkat dan siap disajikan.

Notes :
- Binti-bintik hitam pada kue lumpur berasal dari vanilla paste yang saya gunakan
- Tuang adonan ketika cetakan benar-benar panas, gunakan api kecil saja agar adonan matang sempurna dan tidak gosong bagian bawahnya.

Suka bangeeet deh. In shaa Allah resep ini recomended untuk dicobain.

Selamat mencoba...semoga bermanfaat ya ^^

AYAM BAKAR BUMBU BACEM



Bismillahirrohmanirrohim

Assalamu'alaykum warahmatullahi wabarakatuh
Bikin ayam bakar lagi untuk menu makan siang keluarga dan kali ini saya bikin ayam bakar bumbu bacem atau ada juga yang bilang ayam bakar bumbu jawa. Dinamakan ayam bakar bumbu bacem karena memang memakai bumbu-bumbu seperti kita membuat tahu atau tempe bacem. Rasanya manis gurih, legit...enaak deh pokoknya. Paling cocok disajikan dengan nasi hangat, lalapan dan sambel super pedas.

Kalau berencana membuat ayam bumbu bacem ini, jangan lupa untuk belanja tahu dan tempe juga. Kan bisa sekalian tuh ngungkepnya, jadi kita gak hanya punya ayam bakar, tapi ada juga tahu tempe bacem. Naaah tahu tempe bacem ini bisa disimpan di kulkas dan tinggal menggoreng sesaat sebelum dimakan. Tuuh...enak banget kan. Ayam bumbu bacem ini tidak hanya enak dibakar, tapi sedap juga kalau digoreng. Saya sendiri lebih suka versi yang dibakar, karena mengurangi minyak, maklum jatah minyaknya udah diplot buat gorengan yang susah banget berhentinya huhuhu.  Proses membakar atau menggoreng ayam ini juga gak perlu lama-lama karena ayamnya sudah matang dan empuk karena memang diungkep terlebih dahulu.

Untuk membuat ayam bakar ini memang lebih enak menggunakan ayam kampung, karena selain lebih gurih juga lemaknya sedikit. Kalau memakai ayam negeri juga oke kok, saya juga sering bikin pakai ayam negeri. Untuk membuat bumbu bacem memang lebih sip memakai air kelapa. Saya mah biasanya minta di tukang sayur langganan hihihi. Kalau cuma punya air kelapa sedikit bisa dimix air biasa. Gak punya air kelapa? Ya wiiis pakai air biasa juga gak apa-apa kok.

Biasanya ayam sudah saya ungkep pagi-pagi sebelum berangkat, ntar kalau pulang siang, saya langsung bakar ayamnya sekalian bikin sambel. Pokoknya dibuat mendadak aja biar syedaap. Makanya kalau posting ayam bakar begini, foto saya mah gak pernah beres ya. Karena ya memang sudah ditunggu keluarga yang siap untuk makan siang hihihi. Pinjem bentar aja yaaa jadi ya gini-gini aja stylingnya.







AYAM BAKAR BUMBU BACEM

Bahan :
1 ekor ayam kampung (saya pakai berat 850 gram)
1 liter air kelapa (atau air biasa)
2 helai daun salam
2 cm lengkuas, memarkan
75-100 gr gula merah, sisir halus
1 sdt asam jawa, larutkan dengan sedikit air
garam secukupnya

Bumbu Halus :
7 butir bawang merah
5 siung bawang putih
2 sdt ketumbar

Cara Membuat :
1. Belah ayam tidak terputus atau bisa dipotong-potong sesuai selera, letakkan di wajan.
2. Masukkan bumbu halus, daun salam dan lengkuas kemudian tuang air kelapa. Masak dengan api sedang.
3. Masukkan gula merah, air asam jawa dan garam. Masak hingga meresap, ayam empuk dan air habis / menyusut. Matikan api.
4. Bakar ayam hingga kecoklatan, segera sajikan dengan sambal dan lalapan.

Bikinnya gampang kaaan. Saya mah paling hobby masak yang diungkep-ungkep gini karena bisa disambi ngerjain yang lain hihihi. Selama ngungkep bisa masak sayurnya atau bahkan ditinggal beberes rumah heuheuheu.

Selamat mencoba...semoga bermanfaat ya ^^



BRUSCHETTA UDANG JAMUR



Bismillahirrohmanirrohim

Assalamu'alaykum warahmatullahi wabarakatuh
Bruschetta adalah salah satu makanan yang berasal dari Italia. Konon bruschetta pertama kali ditemukan sejak abad ke-15. Bahan utamanya adalah roti yang dipanggang, bawang putih, olive oil, garam dan lada. Saya pertama mengenal bruschetta di salah satu resto waralaba pizza yang terkenal itu, tau kaan yang saya maksud. Anak-anak saya pun sangat suka dengan bruschetta maupun garlic bread-nya. Jadi yang saya bikin ini juga bruschetta versi praktis yang mungkin memang berbeda dengan versi aslinya dari Italia sana ya hihihi.

Dibilang versi praktis karena memang menggunakan baguette atau roti Prancis sebagai bahan utamanya. Saya juga masih punya stok saus bolognese, jadi tinggal menambahkan variasi isian saja, yaitu saya memakai udang kupas dan jamur champignon. Baguette memang multi guna, makanya kalau lagi jalan ke supermarket saya juga suka beli. Kalau gak punya saus bolognese, bisa diolah menjadi garlic bread, bisa juga direndam susu plus telur menjadi french toast atau bahkan sebagai bahan dasar bread pudding. Asyik banget kan dari 1 bahan dasar kita bisa berkreasi. Kali ini saya share yang bruschetta dulu yaa.







Untuk pelengkap udang kupas dan jamur, saya hanya tumis sebentar memakai olive oil, sedikit garam dan lada. Saya tambahkan potongan tomat segar juga biar tambah komplet. Kalau kurang suka tomat segar, bisa juga tomatnya disiram dulu dengan air panas, diamkan sebentar hingga tomat matang baru kemudian dibuang bijinya dan dipotong dadu kecil. Bisa juga tomatnya dipanggang sebentar. Kalau saya mah tetap milih tomat segar aja, praktis tinggal motong-motong aja hihihi.

Selain menggunakan jamur dan udang, bisa memakai variasi yang lain, misalnya daging cincang, tuna atau ayam yang disuwir-suwir, smoked beef, peperoni atau bahkan sosis. Kalau cuma pakai saus bolognese juga udah oke kok hihihi. Gak sempat bikin saus bolognese? Bisa beli yang siap pakai yaa.

BRUSCHETTA UDANG JAMUR

Bahan :
1 baguette / roti Prancis, potong serong dengan ketebalan 1-1,5 cm
200 gr udang kupas
5 jamur kancing, belah 3 (saya pakai yang kalengan)
1 sdm olive oil
sejumput garam dan lada bubuk
2 tomat, buang bijinya dan potong dadu kecil
Saus bolognese
Keju mozarella
Oregano kering
Butter atau margarin

Cara Membuat :
1. Panaskan olive oil, tumis udang dan jamur hingga berubah warna. Bumbui garam dan lada, masak hingga matang. Angkat dan sisihkan.
2. Oles 1 sisi potongan roti dengan butter, beri saus bolognese hingga rata, letakkan tumisan udang dan jamur serta potongan tomat. Taburi dengan mozarella dan oregano di atasnya.
3. Tata di loyang dan panggang dengan suhu 180'C selama 10 menit.
4. Angkat dan sajikan hangat.




Bruschetta versi praktis ini enak buat sarapan, bekal atau sekedar camilan di sore hari. Yang bikin juga senang karena super gampang, bahkan anak-anak bisa bantuin juga dan memilih topping favorit mereka.

Selamat mencoba...semoga bermanfaat ^^

SEBLAK CILOK



Bismillahirrohmanirrohim

Assalamu'alaykum warahmatullahi wabarakatuh
Duet antara 2 makanan yang 'katanya' gak penting tapi sering bikin kangen, yaitu seblak dan cilok. Ceritanya saya lagi pengen banget makan seblak super pedas, tapi lagi gak punya krupuk aci ataupun makaroni. Biasanya saya selalu bikin seblak dengan 2 bahan tersebut. Kebetulan masih ada sisa cilok, jadi yaa kali ini bikin seblak cilok aja, alias cilok yang dibumbui seblak hihihi. Maksa yaaa. Eh biar gitu, ternyata enak banget lho rasanya. Makan 20 butir seblak cilok berasa kurang hahaha, maklum ciloknya juga sisa-sisa saya bikin cilok kuah. Next time yaa bikin lagi. Kalau gak ada cilok dan kebetulan punya stok bakso, bisa juga tuh dibuat seblak bakso. 

Untuk pelengkapnya, saya pakai telur aja. Sebenarnya pengen juga ditambahin sosis atau smoked beef, tapi males nungguinnya karena masih beku di kulkas. Ya udah laah pakai seadanya aja. Resep cilok udah pernah saya posting ya disini. Atau bisa juga pakai resep andalan masing-masing ya. Ntar in shaa Allah saya share juga postingan tentang cilok kuah yang gak kalah enaknya. Kalau yang suka main IG, resepnya bisa dilihat di akun IG saya yaa.




Biasanya kalau bikin seblak bisa pakai selusin cabe rawit, jadi bener-bener mantap pedasnya dan bikin puyeng seketika hilang hahaha. Kali ini pakai 1/2 lusin aja, gak berani yang terlalu heboh euy daaan memang rawit lagi mahal ya hihihi.

SEBLAK CILOK

Bahan :
20 butir cilok
1 butir telur, kocok lepas
Garam dan gula pasir secukupnya
100 ml air atau sedikit aja sesuai selera
1 batang daun bawang, iris 
2 sdm minyak untuk menumis

Bumbu Halus :
4 siung bawang putih
4 butir bawang merah
2 cabe merah / keriting
6 cabe rawit atau sesuai selra
2 cm kencur

Cara Membuat :
1. Panaskan minyak, tumis bumbu halus hingga harum dan matang.
2. Masukkan cilok, tuang kocokan telur sambil diaduk cepat hingga berserabut.
3. Tuang air, bumbui garam dan gula. Test rasa hingga sesuai selera ya.
4. Masak hingga meresap dan sebelum diangkat, masukkan irisan daun bawang.
5. Angkat dan sajikan hangat dengan irisan rawit di atasnya bila suka 



Yakin nih gak mau nyoba? Biar makanan gak penting tapi enaaak lho, bisa jadi obat puyeng hihihi.

Semoga bermanfaat yaa 

GLUTEN FREE SOFT CHOCOCHIPS COOKIES



Bismillahirrohmanirrohim

Assalamu'alaykum warahmatullahi wabarakatuh
Sekarang ini saya bikin cookies paling setahun sekali, menjelang Lebaran. Itu pun juga karena ditodong suami dan anak-anak yang pengennya makan cookies buatan bunda. Beneran saya mah gak telaten banget kalau disuruh bikin cookies. Sampai kadang heran dan "ngeri" sendiri kok dulu bisa-bisanya saya nerima berlusin-lusin pesanan cookies ya hahahah. Sekarang bayanginnya aja udah kibarkan bendera putih duluan, gak sangguuup kakak ^_^

Nah kalau kali ini saya bikin cookies berarti ada sebabnya, yaitu karena saya penasaran pengen bikin cookies gluten free yang terbuat dari tepung Mocaf. Sudah beberapa kali saya membuat cake dan brownies dari tepung mocaf, dan penasaran pengen bikin cookiesnya. Nyari resep cookies juga yang simpel dan anti ribet, biar cepat selesai. Jadi jangan tanya ke saya ya, gimana kalau mocaf ini dibuat nastar hihihi, saya mah belum nyoba.

MOCAF (Modified Cassava Flour) adalah tepung yang dihasilkan dari singkong. Mocaf dibuat diproses dengan menggunakan enzim hasil fermentasi bakteri asam laktat (ragi) yang mampu memecah sel tepung singkong sehingga tepung yang dihasilkan lebih halus, berwarna cerah dan bisa meminimalisir bau singkong hingga 70%. 

Tepung mocaf tidak mengandung gluten sehingga aman dikonsumsi oleh orang yang alergi gluten. Kadang anak-anak berkebutuhan khusus mengalami alergi gluten sehingga harus sangat berhati-hati dalam memilih makanan.  Walaupun tidak mengandung gluten, tepung mocaf mempunyai karakteristik yang mirip dengan tepung terigu sehingga bisa digunakan sebagai pengganti terigu atau juga dimix dengan tepung terigu.

Gluten Free Soft Chocochips Cookies ini diadaptasi dari resep yang pernah dishare Ci Tintin Rayner. Saya buat full mocaf dan ternyata hasilnya enaaak. Sesuai dengan namanya 'soft cookies', tekturnya soft atau chewy di dalam tetapi renyah di luarnya. Kunci dari pembuatan cookies ini adalah, kenali karakteristik oven yang dipakai karena untuk menentukan lama pemanggangan. Jadi jangan terpaku pada waktu pemanggangan yang tertera di resep ya, karena masing-masing oven beda. Pada resep asli, diperlukan waktu pemanggangan 12 menit dengan suhu 170'C, sedangkan oven saya memerlukan waktu 15 menit dengan suhu yang sama. Kalau ternyata hasil akhirnya, garing atau renyah luar dalam berarti overbaked yaaa. Warna pada cookies juga ditentukan oleh warna gula yang dipakai. Saya memakai campuran gula pasir dengan gula palem yang warnanya cukup gelap, sehingga cookiesnya juga berwarna coklat. Padahal asli gak pakai coklat bubuk kok, tapi memang pengaruh warna gula palem yang saya pakai.

Alhamdulillah...walaupun bentuknya masih berantakan gini, anak-anak suka banget cookiesnya. Memang beneran enak kok, recomended banget untuk dicobain, bahkan saya udah mau bikin lagi nih minggu depan hihihi.




GLUTEN FREE SOFT CHOCOCHIPS COOKIES

Bahan :
220 gr tepung mocaf
170 gr butter suhu ruang
100 gr gula pasir (pilih yang butiran kecil)
150 gr gula palem
1 telur utuh + 1 kuning telur
1/2 sdt vanilla
1/2 sdt soda kue
1/4 sdt garam
250 gr chocochips

Cara Membuat :
1. Kocok butter, gula pasir dan gula palem selama 1 menit, asal tercampur rata saja.
2. Masukkan vanilla dan telur, kocok hingga asal tercampur rata.
3. Masukkan campuran tepung mocaf, soda kue dan garam. Aduk hingga rata memakai spatula atau sendok kayu dan terakhir masukkan chocochips. Aduk hingga rata.
4. Tutup dengan cling wrap dan simpan di kulkas selama 1 jam.
5. Panaskan oven 170'C, alasi loyang dengan silpat atau baking paper, cetak adonan di atasnya, pipihkan perlahan. Panggang selama 12-15 menit atau tergantung oven masing-masing ya.
6. Angkat, dinginkan di cooling rack baru disimpan di wadah kedap udara.



Sssttt abaikan bentuk cookies dan fotonya yang gak jelas ini ya hihihi. Percaya deh, cookies ini enaak dan langsung jadi favorit keluarga saya. Recomended untuk dicobain.

Happy Baking, semoga bermanfaat ^^

APPLE & RAISIN CRUMBLE



Bismillahirrohmanirrohim

Assalamu'alaykum warahmatullahi wabarakatuh
Yang lagi jadi favorit adek niiih...apple crumbel. Kayanya nyaris tiap minggu bikin apple crumble ini. Memang enak lho dan lebih praktis dibanding bikin apple pie. Kalau bikin pie kan harus nyetak kulit pienya, sedangkan kalau ala crumble gini tinggal ditaburkan saja di atas filling apel. Bisa juga membuat apple pie dengan topping crumble atau bahkan aneka cake dengan topping crumble. Multi fungsi ya si crumble ini dan menurut saya memang enaak.

Dulu pertama bikin apel crumble ini saya membuat filling dari apel yang diiris kotak kecil, gula palem dan kayu manis bubuk. Rasanya pastinya manis donk ya, dengan semburat aroma kayu manis. Memang sebaiknya kayu manis bubuk ini tidak diskip atau kalo menurut saya wajib pakai hihihi. Maklum aja apel, gula palem dan kayu manis kan memang jodoh yang bisa bikin enaaak banget. Trus kalau gak punya kayu manis bubuk gimana? Kalau saya sih mending ke TBK dulu deh buat beli heuheuheu.

Menurut saya, filling yang saya buat ini lebih enak dibanding kalau hanya memakai 3 bahan yang sudah saya sebutkan di atas. Karena apa? Karena saya menambahkan juga kismis, lemon zest dan air lemon. Kebayang kan gimana segernya, rasanya gak melulu manis tapi ada asem-asem segernya. Enaak deh pokoknya. Selain digunakan untuk apple crumble, resep filling apel ini juga cocok sekali untuk isian apple pie, atau bahkan apple pastry. 

Apple crumble ini enak disajikan hangat ataupun dingin. Kalau saya suka yang versi dingin. Mau lebih spesial, sajikan dengan es krim vanilla. Voilaaa...enak bangeeet.






APPLE & RAISIN CRUMBLE

Bahan :
5 buah apel, kupas dan potong dadu kecil (saya pakai apel Malang)
130 gr gula palem
1 sdm lemon zest (parutan kulit lemon)
1 sdt kayu manis bubuk
2 sdm air lemon
100 gr kisimis
----> aduk rata semua bahan

Bahan Crumble :
150 gr tepung terigu serbaguna
50 gr butter
90 gr gula pasir halus
---> aduk rata memakai pisau pastry hingga membentuk crumble atau butiran-butiran

Penyelesaian :
1. Siapkan wadah taha panas, tuang campuran apel hingga 3/4 penuh
2. Tuang crumble hingga penuh kemudian panggang suhu 150'C selama kurang lebih 30 menit.
3. Angkat, bisa disajikan hangat atau dingin.



Naaah ini versi yang dicetak di ramekin dan memakai es krim vanilla. Beneran deh enak...recomended untuk dicobain.

Happy Baking...semoga bermanfaat ya ^^

AYAM BEKAKAK



Bismillahirrohmanirrohim

Assalamu'alaykum warahmatullahi wabarakatuh
Quick post yaaa...apalagi cuma bermodal 2 foto doank nih hihihi. Ceritanya tuh sebenarnya sejak pagi udah nguprek buat bikin ayam bekakak trus setelah selesai ngungkep, ditinggal donk untuk "makaryo". Maksud hati ntar siang pulang tinggal bakar ayamnya dan pas makan siang masih anget donk ayamnya. Ternyataaaa siang pulangnya telat, bakar ayam sambil bolak balik liat jam hihihi. Pak bos datang pas ayam selesai ditata di tampah ini trus bilang donk, pinjem bentar yaaa buat difoto hahaha. Nah kalau udah gitu masa mau kelamaan foto, ya udah laaah 5x jepretan pun jadi. Styling sama persis, cuma yang 1 agak deket aja ngambilnya. 

Pastinya udah pada tau ayam bekakak kan. Yuuup ayam bakar khas Sunda ini sudah terkenal banget kelezatannya. Disajikan dengan nasi hangat, sambel terasi dan lalapan, ulalalaaaa...jangan salahkan kalau nasi di magic com cepat habis ya hihihi. Ciri khas dari ayam bekakak ini adalah biasanya menggunakan ayam kampung utuh yang dibelah tidak sampai terputus. Boleh juga sih kalau mau pakai ayam negeri, tapi gunakan yang ukuran kecil aja ya. Kalau rasanya pasti lebih enak pakai ayam kampung donk pastinya. Menurut saya, ayam bekakak ini paling enak kalau dibuat sedang aja pedasnya, kalau suka pedas, kita tinggal bikin sambel yang super pedas kan. Tapi kalau memang hobby pedas segalanya (jiaaah bahasanya >_<) bisa pakai cabe keriting ya.

Monggo kalau ada yang pengen nyobain bikin juga. Waktunya memasaknya memang agak lama, karena biar ayam kampung benar-benar empuk dan bumbu meresap. Tapi semua itu sesuai kok dengan rasanya. Bikin yuuuk

AYAM  BEKAKAK

Bahan :
1 ekor ayam kampung, belah jangan sampai terputus
1 liter santan
3 helai daun salam
1 batang serai, memarkan
3 cm lengkuas, memarkan
2 sdm gula merah
Garam secukupnya

Bumbu Halus :
10 butir bawang merah
5 siung bawang putih
5 butir kemiri sangrai
1/2 sdm ketumbar sangrai
2 cm jahe
2 cm lengkuas
5 cabe merah / cabe keriting

Pelengkap :
Sambal terasi
Lalapan

Cara Membuat :
1. Masukkan semua bahan ke dalam wajan, tutup dan masak sambil sesekali diaduk. 
2. Masak hingga ayam empuk, santan menyusut dan bumbu meresap. Test rasa sesuai selera.
3. Panggang ayam di atas bara api atau pan anti lengket sambil dioles-oles sisa bumbu.
4. Angkat dan sajikan dengan pelengkap



Selamat mencoba....semoga bermanfaat ^^

BANANA CAKE - JOY OF BAKING



Bismillahirrohmanirrohim

Assalamu'alaykum warahmatullah
Udah lama banget gak bikin banana cake...hmmm...padahal itu cake kesayangan ya. Akhirnya dibelain lho ngumpetin 3 pisang ambon biar bisa benar-benar matang, sampai kulitnya kehitaman gitu. Kalau gak diumpetin ya alamat ludes duluan pisangnya hihihi.

Resep banana cake sudah sering saya posting ya termasuk resep yang saya pakai kali ini. Resep yang ini adalah resep banana cake dari Joy of Baking. Dulu saya tertarik dengan resep ini karena pembuatannya yang berbeda dengan cara pembuatan banana cake pada umumnya. Joy of Baking menyebuatnya dengan metode 'quick method' atau 'one bowl'. Apabila metode ini bisa diterapkan dengan tepat, akan mengurangi struktur gluten sehingga cake yang dihasilkan akan terasa lumer atau bahasa kerennya 'melt on the mouth'. Cake akan terasa padat namun tetap moist. Banana cake yang dulu pernah saya buat dengan resep yang sama, pernah saya posting disini.

Resepnya saya ubah sedikit , yaitu sour cream saya ganti dengan buttermilk atau bisa juga menggunakan yogurt plain ya. Saya juga menggunakan gula pasir yang dimix dengan gula palem karena saya memang sukaa banget dengan aroma gula palem.






BANANA CAKE - JOY OF BAKING

Bahan :
3 buah pisang matang
80 ml buttermilk
2 butir telur ukuran besar
220 gr tepung terigu serbaguna
100 gr gula pasir
80 gr gula palem
1/2 sdt baking powder
1/2 sdt soda kue
1/2 sdt kayu manis bubuk
140 gr butter suhu ruang (bisa pakai margarin)

Cara Membuat :
1. Panaskan oven 170'C siapkan loyang, oles tipis margarin dan taburi sedikit terigu. Sisihkan.
2. Campur dan ayak tepung terigu, baking powder dan soda kue. Sisihkan.
3. Dengan menggunakan blender atau food processor, haluskan pisang dan buttermilk hingga lembut. Tambahkan telur dan proses kembali hingga tercampur rata. Sisihkan.
4. Dalam suatu wadah, letakkan campuran terigu, gula pasir, gula palem dan kayu manis bubuk. Kocok mixer speed rendah hingga tercampur rata.
5. Masukkan butter, kocok kembali hingga rata.
6. Masukkan sebagian campuran pisang, kocok dengan speed rendah hingga tercampur rata kemudian naikkan speed mixer hingga speed tinggi selama 1,5 menit. Matikan mixer dan masukkan sisa campuran pisang. Kocok hingga rata.
7. Tuang ke dalam loyang dan oven hingga matang selama kurang lebih 40 menit.
8. Angkat dan dinginkan di atas cooling rack

Paling suka kalau makan banana cake anget-anget gini. Aromanya masya Allah....sedap banget.

Happy baking...semoga bermanfaat ya ^^

PUDING SUSU BUAH NAGA



Bismillahirrohmanirrohim

Assalamu'alaykum warahmatullahi wabarakatuh
Lagi musim buah naga dan itu berarti saya bisa puas makan buah favorit...yeeeaaay. Harganya murah meriah, 1 kg berkisar antara 7000-10.000 aja tergantung besar kecilnya. Murah kaaan. Selain dijadikan buah potong dan smoothies, saya pernah juga mengolah buah naga menjadi selai dan puding. Naaah kali ini bikin puding buah naga lagi, tapi gak dilapis dengan puding mangga seperti yang saya posting dulu ya. Cuma puding susu buah naga biasa aja dan saya buatkan vla vanilla juga. Siapa aja pasti bisa bikinnya deh, gak perlu resep karena pasti semua bisa bikin puding susu kan hihihi. Tapiiii gak apa-apa ya tetep saya posting karena saya suka banget dengan warna puding ini. Warna buah naganyanya benar-benar keluar, jadinya cerah ceria gini.




Nah selain dicetak di cetakan puding yang cantik-cantik, puding buah naga ini juga cakep kalau dicetak di cup dan sekalian dituang vla vanilla-nya. Jadinya kaya puding lapis dan warna puding kontras banget dengan warna vla-nya. Sukaa banget liatnya. Niiih cakep kan warnanya ^^




Resepnya pakai resep suka-suka aja ya. Seperti biasa kita bikin puding susu aja tapi takaran cairan dikurangi ya buah naga mengandung banyak air sehingga kalau dihaluskan pasti akan mengeluarkan banyak air juga. Berikut resep yang saya pakai

PUDING SUSU BUAH NAGA

Bahan :
1 sachet (7 gr ) agar-agar bubuk plain
1 sdt jelly bubuk
200 gr daging buah naga, potong-potong
100 ml air matang
500 ml susu cair
100 gr gula pasir atau sesuai selera
1/2 sdt vanilla paste

Cara Membuat :
1. Blender buah naga dengan air hingga halus. Sisihkan.
2. Dalam panci, campurkan agar-agar bubuk, jelly bubuk dan gula pasir. Aduk rata kemudian tuang susu cair. Masak dengan api sedang sambil diaduk hingga mendidih. Matikan api.
3. Masukkan vanilla dan campuran buah naga. Aduk hingga rata dan tuang ke cetakan atau cup. 
4. Sajikan dingin setelah disimpan di lemari es.

Untuk vla vanilla saya masih tetap setia dengan resep yang sudah sering saya posting. Saya tuliskan lagi ya

VLA VANILLA

Bahan :
300 ml susu cair
1 sdm maizena
60 gr gula pasir
1/8 sdt garam
1/2 sdt vanilla

Cara Membuat :
1. Campur susu cair, maizena, gula pasir dan garam. Aduk rata.
2. Masak dengan api sedang sambil diaduk hingga mendidih dan meletup-letup. Matikan api.
3. Biarkan uap panasnya hilang, masukan vanila. Dinginan dan siap digunakan.



Selamat mencoba...semoga bermanfaat ya ^^