LAPIS SURABAYA WITH ORANGE FLAVOUR



Nge-lapsur yuuuk. Bikin lapsur ini sebenarnya udah minggu lalu, di sela-sela kesibukan ngerjain orderan. Kebetulan suamiku suka banget ama lapsur dan kebetulan lagi masih ada sisa telur. Jadi....let's nguprek for our lapsur (halaaah >.<) xixixixi.

Biasanya kalau bikin lapsur pakai resep ala NCC atau resep Mbak R yang dulu sudah pernah kuposting juga disini. Kali ini aku mencoba resep dari buku 52 Resep Kue Berlapis. Tertarik dengan resep ini karena ada aroma jeruk di dalamnya. Hmmm...sukaa banget deh kalau ada aroma jeruk kaya gini. Pastinya seger dan harum. Seperti halnya resep lapis surabaya lainnya, resep ini juga memakai banyak telur. Untuk yang mau belajar bikin lapis surabaya, bisa bikin 1/3 resep dulu ya, jadi kalo gagal gak nyesek-nyesek banget karena telurnya yang seabreg hehehehe.

LAPIS SURABAYA WITH ORANGE FLAVOUR

Bahan Lapisan Kuning :
20 kuning telur
150 gr gula kastor
70 gr tepung terigu protein sedang
15 gr maizena
15 gr susu bubuk full cream
250 gr butter
2 sdm sunquick (aku pakai 1 sdm nutrisari + 2 sdm air)
1 sdt kulit jeruk lemon
2 sdm susu kental manis putih
1 sdt essens jeruk (optional)

Bahan Lapisan Coklat :
10 kuning telur
100 gr gula kastor
30 gr tepung terigu protein sedang
20 gr coklat bubuk
1/4 sdt baking powder (skip)
125 gr butter
1 sdm susu kental manis coklat
1 sdt pasta coklat

Filling :
selai jeruk atau buttercream

Cara Membuat :
- Siapkan 3 loyang 22x22x4 cm. Oles tipis margarin, alasi kertas roti dan oles kembali. Sisihkan.
- Lapisan kuning : Kocok butter sampai lembut, tambahkan sunquick dan susu kental manis. Kocok rata. Tambahkan kulit jeruk dan aduk hingga rata. Sisihkan.
- Kocok kuning telur dan gula kastor hingga mengembang dan kental berjejak. Tambahkan tepung terigu, susu bubuk dan maizena sambil diayak. Aduk dengan spatula hingga rata.
- Tuang adonan sedikit demi sedikit ke kocokan margarin. Aduk perlahan hingga rata.
- Tuang ke dalam 2 loyang dan panggang suhu 180'C selama 20 menit hingga matang.
- Lakukan cara yang sama untuk membuat lapisan coklat.

Assembly :
- Ambil selembar cake kuning, oleskan selai atau buttercream. Tutup dengan selembar cake coklat dan oles filling kembali.
- Tutup kembali dengan cake kuning sambil dipadatkan perlahan.
- Simpan di lemari es hingga set baru kemudian ditrim atau dipotong sesuai selera.




Teksturnya....jelas lembut banget. Jelas lembut karena telurnya seabreg dan juga memakai butter ^_^ Kalau butter dimix dengan margarin juga enak kok, tapi tetap gunakan butter dan margarin kualitas baik ya.
Next time...mau posting juga resep lapis surabaya ekonomis yang menggunakan telur lebih sedikit. Ditunggu yaaa...



Me, just an ordinary mom. This is my little story from my kitchen. Simple recipe...simple cooking and baking ‘cause I’m only a beginner who want to share.

Bagikan Resep ini kepada orang terdekatmu

Related Posts

Previous
Next Post »

4 komentar

komentar
Sunday, 13 January 2013 at 13:45:00 GMT+7 delete

Mba Nina...keliatan lembut bgt ini, ngiler abis :)

Reply
avatar
Tuesday, 15 January 2013 at 22:43:00 GMT+7 delete

Iyaah mbak Annadina...lembut banget. Karna pemakaian telur yang banyak dan juga butter. Yummyyy

Reply
avatar
Wednesday, 30 January 2013 at 00:25:00 GMT+7 delete

Beberapa kali pernah bikin lapsur tapi blom pernah bikin yg orange flavour Mbak Nina, kudu dicoba nich. Problemnya terkadang aku suka agak bantat lapisan coklatnya.

Reply
avatar
Thursday, 31 January 2013 at 21:49:00 GMT+7 delete

Knapa kok gitu ya mbak? Apa mungkin karena lebih berat ya, jadi lebih susah waktu nyampur dengan mentega kocoknya.
Cobain deh yang rasa orange mbak. :)

Reply
avatar